Skip to main content

Follow us @ongisnadeNet

Mantap, Kapasitas Stadion Kanjuruhan Akan Ditambah



Arema Indonesia yang berkompetisi di ISL mencatatkan jumlah penonton yang selalu masif dalam tiap laganya di Stadion Kanjuruhan. Dalam pertandingan lawan Persepam Madura United Rabu (10/4) lalu, panpel mencatat jumlah 26.025 yang hadir.

Kapasitas stadion Kanjuruhan akan ditambah. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya) Kapasitas stadion Kanjuruhan akan ditambah. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya)

Namun, pertumbuhan basis suporter Aremania makin besar belakangan ini. Seiring dengan kemenangan demi kemenangan yang diraih Singo Edan, stadion selalu padat penonton. Bahkan, rekor terbaru di ISL 2012/2013, jumlah penonton Arema dalam satu pertandingan bisa mencapai lebih dari 40 ribu orang. Yaitu ketika Arema mencukur habis Sriwijaya FC 4-1.

Demi menampung animo tinggi dari Aremania, manajemen dan panpel berencana mengekspansi kapasitas Stadion Kanjuruhan. Ketua panpel Arema, Abdul Harris menyebut ekspansi tersebut adalah dengan memperlebar tribun utara dan selatan.

"Kita akan lebarkan tribun hingga mepet settle ban," ungkap Harris seperti dikutip dari Malang Post.

Konsep tentang bentuk stadion usai ditambah kapasitas tribun masih digodok. Tetapi, Haris mengamini soal konsep stadion yang ditinggikan pagarnya apabila tribun mepet ke settle ban. Ia menyebut konsep stadion seperti ini banyak dipakai di stadion-stadion Korea Selatan.
Pelebaran tribun tersebut diperkirakan bisa menambah kapasitas stadion 7000 hingga 10 ribu orang.

Menurut Haris, penambahan tribun ini akan menggunakan dana manajemen sekaligus bantuan dari para donatur yang concern dengan Arema dan Aremania. Haris belum bisa menyebut berapa jumlah dana yang diperlukan untuk memperlebar tribun. Tetapi, yang pasti tambahan tribun akan meningkatkan pendapatan panpel, yang selama ini meraup antara Rp 800-900 juta tiap pertandingan.

"Bersih kita ukuran keuntungannya segitu, semoga dengan penambahan kapasitas bisa menampung animo Aremania, sekaligus memperkuat basis finansial klub," ungkap pria yang juga Ketua UPTD Stadion Kanjuruhan itu.

Haris menegaskan pembangunan akan dimulai bulan Agustus 2013 nanti. Apabila tak ada halangan, maka perluasan tribun akan dilaksanakan begitu putaran kedua ISL 2012/2013 mendekati akhir. Praktis, begitu memulai musim kompetisi baru, tribun baru diprediksi sudah bisa dipakai. (mp/mia)